manatap’s writing
a blog to share knowledge, expriences, or just everything
Why knowledge management?
Categories: Management

Apa yang Anda tahu tentang Knowledge Management? Banyak orang yang membicarakan Knowledge Management akhir-akhir ini dan menjadi topik yang semakin menarik untuk dibicarakan. Pertanyaannya, mengapa?

Knowledge Management, secara singkat dapat diartikan sebagai kegiatan manajemen atas seluruh pengetahuan yang ada dalam organisasi. Ambil satu contoh organisasi, lalu ambil core business-nya, maka itulah yang patut di-manage pengetahuannya.

Misalkan saja sebuah perusahaan penyedia layanan pembangunan website. Core business dari perusahaan semacam ini tentu saja adalah memberikan layanan dalam membangun website baginya bagi pelanggannya. Hal-hal yang lebih mendetail dalamnya antara lain bagaimana cara pembangunan website itu sendiri mulai dari perancangan, pembangunan, implementasi, sampai pada tahap maintenance.

Setiap tahap-tahap tersebut membutuhkan suatu keahlian dalam menjalankannya, dan tidak semua orang mampu melakukannya. Orang-orang yang memiliki pengetahuan inilah yang sebenarnya sebuah perusahaan bergantung padanya.

Sebuah perusahaan dapat mempertahankan eksistensinya jika pengetahuan berada di sisi perusahaan, bukan di orang-orangnya. Jika perusahaan sudah “menggantungkan hidupnya” pada pengetahuan atas segelintir orang yang expert di bidangnya, maka jika orang tersebut keluar dari perusahaan, maka perusahaan tersebut akan kehilangan daya saingnya sehingga mengalami penurunan dan memerlukan waktu yang relatif lama untuk kembali ke posisinya semula.

Ide dari Knowledge Management adalah untuk memindahkan seluruh pengetahuan dari setiap individu yang ada dalam perusahaan, sehingga perusahaan memiliki pengetahuan tersebut, dan siap untuk menghadapi problem turn over yang mungkin akan terjadi. Hal inilah yang menjadi topik menarik, bagaimana proses ekstraksi pengetahuan tersebut dan memindahkannya ke perusahaan, dan sebaliknya, bagaimana mengekstrak pengetahuan dari perusahaan sehingga dapat digunakan oleh orang-orang yang bekerja dalam perusahaan tersebut.

Leave a Reply